Penangkapan atau “Penahanan” Buni Yani?

http://m.news.viva.co.id/news/read/852528-soal-buni-yani-dan-ahok-polisi-dinilai-tebang-pilih

Sebetulnya saya tidak terlalu tertarik mengomentari berita ini, tapi setelah membaca isi beritanya, saya tergelitik untuk men-share sekaligus memberikan pemahaman semampu saya, khususnya bagi mereka yang awam tentang proses hukum di Kepolisian.

Berita tantang Ahok dan Buni Yani memang mencuat belakangan, sebagian beritanya benar artinya sesuai fakta namun tidak sedikit yang menyesatkan alias hoax. Berita yang saya komentari ini agak mengusik pikiran saya, karena disampaikan oleh salah seorang anggota dewan yang “terhormat”, tentunya sudah tidak asing lagi bagi kita, karena cukup sering tampil di media.

Khusus mengenai berita bahwa Buni Yani sempat ditahan di Polda Metro Jaya, perlu diklarifikasi agar tidak menjadi bola liar yang dapat memicu ketidaksenangan terhadap Polri bahkan bisa menyulut emosi publik, sehingga dapat dijadikan alasan atau isu lagi untuk berunjuk rasa.

Bahwa dalam proses penyidikan suatu perkara ada tahapan-tahapan yang mesti dilalui, mulai dari pemanggilan, penangkapan, pemeriksaan, penahanan, dst. Dalam KUHAP telah diatur bahwa penyidik berwenang melakukan penangkapan terhadap seseorang yang diduga melakukan perbuatan pidana. Masa penangkapan juga sudah diatur dengan jelas yakni paling lama 1 x 24 jam. Artinya seseorang yang dengan bukti permulaan yang cukup diduga sebagai pelaku tindak pidana, dapat dilakukan penangkapan selama 1 hari atau 1 x 24 jam. Setelah lewat jangka waktu tersebut, maka orang yang dilakukan penangkapan tersebut wajib dilepaskan atau dilanjutkan dengan penahanan. Masa penahanan sendiri sudah diatur yakni paling lama 20 hari dan dapat diperpanjang oleh Kejaksaan paling lama 40 hari.

Jadi apa yang dialami oleh Buni Yani pada saat di Polda Metro Jaya yang menginap selama satu malam, sebenarnya adalah proses penangkapan yang telah saya jelaskan di atas yakni paling lama satu hari atau 1 x 24 jam. Jadi kalau ada yang mengatakan bahwa Buni Yani ditahan selama 1 malam, itu sama sekali tidak benar, karena masa penahanan sendiri bisa sampai 20 hari.

Demikian semoga bermanfaat, mari sebarkan kesejukan bukan kebencian, kuncinya ada di hati, pikiran, dan jari anda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s